Sabtu, 24 November 2012

Kampung Manusia Pasir



TAHUKAH KAMU KAMPUNG MANUSIA PASIR MADURA?
kalo ngebahas indonesia emang gak ada habisnya. malem ini kita ngebahas MADURA nih :)
Berbagai keunikan yang dimiliki warga Madura, salah satunya adalah kasur pasir. Mereka biasa mengusir lelah, dengan tidur diatas tumpukan pasir yang ada disetiap kamar mereka.

Tradisi menggunakan kasur pasir ini, merupakan warisan nenek moyang mereka. Tidur diatas kasur pasir juga berkasiat menyembuhkan penyakit.

Manusia pasir, sebutan bagi warga tiga desa, yaitu Desa Dapenda, Desa Leggung Timur dan Leggung Barat, Kecamatan Batang-Batang, Sumenep, Madura. Manusia pasir ditujukan kepada warga tersebut, karena mereka memiliki tradisi, istirahat, tidur atau aktifitas lainnya di atas kasur pasir.

Seperti sekelompok anak-anak di desa ini mereka duduk, tidur bahkan bermain diatas kasur pasir. Meski juga tersedia tempat tidur, seperti pada umumnya, namun mereka nyaris tidak pernah menggunakannya. Mereka memilih tidur diatas kasur pasir.

Tradisi tidur diatas pasir yang ditempatkan di sudut kamar rumah, maupun di ruang istirahat, menjadi teman dalam hidupnya. Bahkan sebagian halaman rumah, juga terdapat pasir sebagai tempat bermain anak-anak. Warga tiga desa yang mayoritas sebagai nelayan, sebagian lainnya pedagang dan bertani, menganggap pasir memberi manfaat besar, berupa kesehatan bagi tubuh.

Mereka juga menganggap, tidur di atas pasir bisa lebih nyenyak dibanding kasur kapuk maupun kasur spring bed yang harganya jutaan rupiah. “Tidur di atas pasir itu, sudah sejak nenek moyang kami. Dan semua warga di sini menggunakan kasur pasir dan kasur-kasur pada umumnya itu hanya kami jadikan hiasan,” kata Haji Ali Makki, warga.

Pasir yang diambil dari sekitar Pantai Lombang itu tidak lengket di kulit atau tubuh, meski kulit dalam keadaan basah. Butiran pasir tersebut, memiliki kristal pasir yang sangat halus, bersih mengkilap dan memiliki warna putih gading.

Warga yang memanfaatkan pasir sebagai tempat tidur atau istirahat, bukan hanya mereka yang kelas ekonomi menengah ke bawah, melainkan warga yang sudah mempunyai kemampuan lebih, masih tetap tidur di atas pasir. Menurut warga, tidur diatas kasur pasir banyak manfaatnya, tubuh terasa lebih hangat apa bila musim penghujan.

Tidur diatas kasur pasir juga bisa menyembuhkan penyakit kulit dan jenis penyakit lainnya. “Tidur diatas pasir itu bisa menyembuhkan penyakit berbagai macam penyakit kulit, seperti gatal-gatal, asam urat dan reumatik,” tambahnya.

Untuk sampai ke lokasi kampung pasir, harus menempuh perjalanan sekitar 45 menit, dengan jarak 31 kilometer dari pusat kota ke arah wisata Pantai Lombang. Warga setempat sangat terbuka dan ramah bila ada tamu yang ingin tahu soal kasur pasir. Mereka pun tidak segan-segan mengajak tamunya untuk mencoba dan merasakan nikmatnya kasur pasir tersebut.

0 comments:

Posting Komentar