Minggu, 25 November 2012

Solusi Terbaru untuk Masalah Kesehatan di Daerah Terpencil


Selamat malam teman-teman Do you Know?
Kali ini kita bakal bahas teknologi terbaru untuk mengatasi masalah kesehatan di daerah terpencil.

TAHUKAH KAMU V-SCAN?



Economist Intelligence Unit (EIU) tahun 2010 mengadakan penelitian tentang kesehatan di Indonesia. Penelitian yang disponsori GE ini menggambarkan situasi di Indonesia yang memprihatinkan, dimana di daerah pedesaan satu dokter berbanding dengan lebih dari 16 ribu pasien. Selain itu angka dari WHO (2009) menyebutkan tingkat kematian ibu dan anak Indonesia tertinggi di Asia Tenggara, dua kali lebih besar dibandingkan negara yang berpendapatan sama seperti Filipina,Thailand dan Vietnam.

Salah satu akar permasalahan ini menurut laporan dari EIU ini adalah kurangnya infrastruktur untuk menghubungkan desa dengan pusat – pusat kesehatan.

Salah satu cara yang diusulkan untuk mengatasi situasi ini adalah melalui inovasi. Teknologi yang sesuai dengan kondisi geografis kepulauan Indonesia amat dibutuhkan. Teknologi ini juga harus dapat beradaptasi dengan situasi pedesaan dengan infrastruktur yang minim.

Menjawab tantangan ini, GE meluncurkan produk Vscan di Indonesia (2011). Vscan merupakan USG portabel sebesar telepon genggam dengan bobot hanya 390 gram. Dengan Vscan, dokter bisa memeriksa detak jantung dan gerakan bayi di dalam rahim, tekanan darah, organ dalam perut, kandung kemih, sampai jantung.

Data Vscan disimpan dalam kartu microSD atau microSDHC dengan kapasitas hingga 32 gigabita. Baterai Vscan dapat bertahan hingga satu jam dan bisa diisi ulang. Sangat cocok di area terpencil di Indonesia dengan pasokan listrik yang tidak memadai.

Dengan inovasi seperti Vscan, GE dapat menjalankan fokus rural healthcare-nya yaitu mendukung peningkatan layanan kesehatan di daerah rural Indonesia.

Selain itu, inovasi tepat guna semacam ini selaras dengan prakarsa global GE yaitu healthymagination yaitu komitmen GE untuk membantu negara-negara di dunia meningkatkan mutu layanan kesehatan serta memperluas akses rakyat pada layanan tersebut, juga menekan biayanya.

Dengan alat kesehatan berukuran kecil seperti Vscan, layanan kesehatan akan meningkat dan aksesnya pun menjadi lebih luas sampai ke desa-desa, karena pemeriksaan kesehatan dapat dilakukan dengan lebih akurat, apalagi untuk memindai kehamilan para wanita di daerah terpencil yang biasanya tak terjangkau peralatan pemindai tubuh.

Lihat video tentang peran Vscan di daerah pedesaan Indonesia dan ketahui lebih jauh tentang Vscan dari GE di sini: http://www.healthymagination.com/progress/technology/vscan-ultrasound/

0 comments:

Posting Komentar