Sabtu, 24 November 2012

Kontes Ayam Ketawa di Sulawesi


DO YOU KNOW?
Pemkot Kendari Gelar Kontes AYAM KETAWA
Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar kontes ayam ketawa, yang merupakan kerjasama antara Dinas Pertanian Peternakan dan Kehutanan Kendari dengan Asosiasi Peternak ayam ketawa Kota Kendari. Wali Kota Kendari, Asrun, di Kendari, saat membuka kegiatan itu, Minggu, mengatakan, kegiatan ini adalah sesuatu hal yang unik dan baru dilakukan di Kota Kendari, serta sekaligus merupakan kegiatan hiburan masyarakat dan ajang silaturahim. kegiatan ini bisa menjadi salah satu wisata khas daerah ini, dan ciri khas kegiatan tahunan Kendari.

Selain itu, kegiatan ini bisa menjadi ajang silaturahmi dan perekat antara sesama komunitas peternak ayam ketawa, selain itu bisa menjadi salah satu perekat masyarakat Kota Kendari yang terdiri dari berbagai etnis dan latar belakang. AYAM KETAWA ini adalah ayam yang berasal dari Kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan. Konon, ayam ini hanya dimiliki oleh kaum bangsawan, namun saat ini sudah menjadi milik semua warga yang merupakan hobi peternak ayam. "Suaranya unik, saat dia berkokok dilanjutkan dengan suara mirip orang ketawa, sehingga disebut ayam ketawa," katanya.

Kegiatan ini diikuti oleh 177 pemilik atau peternak ayam, yang berasal dari Kota Kendari, beberapa kabupaten tetangga seperti Kabupaten Bombana, Kabuaten Konawe Selatan, Kabupaten Konawe bahkan ada yang berasal dari Sulawesi Barat. Salah satu penilaian dalam kontes itu adalah ayam yang volume berkokonya sering dan dilanjutkan ketwa dalam waktu tertentu, kemudian lamanya ayam ketawa setelah berkokok. HEHEHE......

0 comments:

Posting Komentar